Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense di Blogger

Penyebab dan cara mengatasi pembatasan iklan google adsense di blogger. Sebelum saya membuat blog ini, sekitar tahun 2017 saya sudah memiliki sebuah blog yang dimana blog tersebut sudah diterima oleh google adsense. Nah kalo tidak salah sekitar bulan September 2020 saya mendapati sebuah email yang berisi pemberitahuan bahwa iklan google adsense di blog saya telah di batasi.

Lantas apa sih penyebab pembatasan ini? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Kedua pertanyaan di atas akan saya jawab berdasarkan pengalaman saya dan sedikit penelitian melalui teman blogger dan di group blogger facebook.

Penyebab Pembatasan Iklan Google Adsense

Setelah saya sedikit berdiskusi dan melakukan penelitian, akhirnya saya menemukan penyebabnya.

Sumber Traffic Tidak Valid

Pertama dan kebanyakan terjadi hampir di semua blog, iklan google adsense dibatasi karena traffic tidak valid.

Apa sih traffic tidak valid?

Traffic tidak valid adalah berbagai hal dan tindakan yang menyangkut sebuah klik/penayangan iklan yang tidak wajar. Hal ini terjadi biasanya karena ada seseorang yang iri terhadap perkembangan blog anda.

Karena itu orang yang iri tadi menggunakan pihak ketiga dan melakukan bom traffic atau bahkan bom klik iklan. Hal ini biasanya disebut di kalangan blogger sebagai Jingling.

Jingling sendiri terjadi akibat anda sering melakukan share di media sosial terutama Facebook. Jadi saran saya lakukan lah share ke media yang relevan membahas topik yang anda buat. Sehingga hal yang tidak diinginkan di atas tidak terjadi.

Klik Iklan Tidak Wajar

Yang kedua, Iklan google adsense dibatasi karena klik/penayangan iklan dengan sengaja selama berulang ulang. Biasanya hal ini dilakukan oleh blogger nuwbie guna meningkatkan penghasilan google adsense.

Namun hal ini justru hal yang sangat salah dan dapat mengakibatkan pembatasan iklan bahkan blog yang anda kelola bisa di suspend.

Jika anda menginginkan peningkatan penghasilan oleh google adsense, saran saya buatlah artikel yang bermanfaat dan panjang agar anda mempu bersaing di page one google dan mendapatkan jumlah visitor yang cukup banyak.

Link Keluar yang Tidak Relevan

Mengapa yang ketiga bisa saya katakan begitu? Karena pembatasan ini bisa terjadi akibat anda mengarahkan user ke sebuah link yang tidak relevan atau jauh dari pembahasan.

Sebagai contoh: sebuah blog menautkan link keluar ke blog lain, namun ternyata artikel di blog lain tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan blog pertama.

Artikel Copas

Ke empat, alasan ke empat ini bisa dibilang sangat masuk akal dimana sebuah blog menyalin artikel orang lain tanpa ada perubahan dan izin ke pada si pemilik artikel. Hal ini bisa di pastikan bahwa iklan google adsense akan di batasi.

Karena bisa jadi pihak pemilik artikel malaporkan blog anda ke google DMCA dan sebagai hukuman dan efek jera maka pihak google memberikan pembatasan iklan.

Terlalu Banyak Iklan

Penyebab pembatasan iklan google adsense yang terakhir adalah terlalu banyak iklan. Dimana dapat saya ambil contoh disini sebuah blog memiliki iklan yang lebih banyak dibanding dengan isi artikel. 

Sehingga membuat visitor / pembaca merasa terganggu. Saran saya letakkan lah iklan secukupnya, sehingga membuat kenyamanan bagi pembaca blog anda.

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab pembatasan iklan google adsense. Selanjutnya kita masuk ke cara agar lepas dari pembatasan ini 

Cara Memulihkan / Mengatasi Pembatasan Google Adsense

Cara ini saya bagikan dan paparkan berdasarkan pengalaman saya. Jadi apabila ada sedikit kesalahan harap di maklumi.

Lepas Semua Iklan

Pertama, silahkan lepas terlebih dahulu seluruh kode iklan yang ada di blog. Karena pada tahap pembatasan ini pihak google sedang menilai kualitas blog anda.

Untuk menghindari pelanggaran lagi, maka sebaiknya lepaslah kode iklan yang telah terpasang. Biarkan sampai muncul ceklist hijau di pemberitahuan pembatasan yang ada pada dashboard google adsense.

Pasang Lazyload Google Adsense

Cara kedua ini berguna untuk menghindari klik tidak valid. Karena iklan yang menggunakan lazyload akan muncul setelah mendapatkan aksi scrool. 

Bisa di pastikan tidak akan terjadi klik tidak valid oleh robot atau jingling. Sebab robot tidak mungkin melakukan scrool terlebih dahulu dalam mengklik iklan.

Ganti Template

Cara ketiga saya rasa bisa dicoba. Silahkan ganti template blog anda ke desain standar blogger. Saran saya gunakan template CONTEMPO.

Jika kalian mau template Contempo redesain, bisa langsung download di Kompi Ajaib. Karena di sana template contempo sudah di update oleh kang adhy.

Menghapus Blog

Cara yang terakhir ini sedikit horor, dimana anda harus menghapus blog anda di dashboard adsense. Ingat hanya di dashboard adsense bukan menghapus di blogger.

Dengan melakukan penghapusan ini maka otomatis iklan tidak akan tayang. Dan anda bisa mengajukan ulang blog anda ke google adsense.

Saran saya sebelum mengajukan ulang, update terlebih dahulu postingan anda minimal 3 kali. Lalu ajukan ulang. Sebab pihak google akan menilai seberapa aktif anda dalam membuat sebuah postingan.

Demikin sedikit tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya tentang penyebab dan cara mengatasi pembatasan iklan google adsense.

www.repick.net

NOTE : Konten yang ada di blog ini asli karya Gio Lesmana. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar