Skip to main content

Pengertian AMP : Kelebihan dan Kekurangan Hingga Perbedaan

AMP (Accelerated Mobile Page) adalah sebuah fitur dari google yang mengutamakan sebuah kecepatan blog melalui caching. Dimana halaman blog yang valid AMP akan muncul dua kali lebih cepat dari website biasanya.

Dari segi tampilan, blog AMP di halaman google akan dibedakan melalui sebuah simbol. Dimana blog yang valid AMP akan terdapat simbol petir pada mesin pencarian yang menandakan bahwa blog tersebut valid AMP.

Blog valid AMP sendiri agak susah digunakan bagi orang awam. Karena untuk mengupload postingan anda perlu mengubah tag gambar, hingga tag video nya. Berbeda dengan blog non AMP yang dengan mudah memasang dan memasukkan video ke postingan. Namun jangan khawatir karena saya sudah menyiapkan cara update postingan valid AMP.

Selain pada bagian postingan. Blog valid AMP juga tidak bisa memasukkan sembarangan javascript. Karena blog valid AMP tidak support javascript. Termasuk iklan google adsense yang menggunakan javascript. Anda bisa membaca artikel berikut Untuk memasang iklan google adsense valid AMP.

Oke jika sudah membahas pengertian, cara posting artikel valid AMP, hingga penempatan iklan. Mari kita bahas kekurangan dan kelebihan blog valid AMP.

Kekurangan Blog Valid AMP

  1. Pertama, seperti yang saya jelaskan di atas. Blog valid AMP tidak support javascript. Jadi anda harus berhati hati ketika melakukan edit template dan memasang javascript.
  2. Kedua, Untuk membuat postingan agak cukup ribet. Karena anda harus menggunakan tag tag tertentu yang valid AMP.
  3. Ketiga, Harus paham dasar dasar HTML, CSS dan lain lain. Karena untuk mengedit template tidak bisa salah sedikit.

Kelebihan Blog Valid AMP

  1. Loading Cepat / Wuusszzz, blog valid AMP sudah di desain dengan sedemikian rupa demi meningkatkan kecepatan blog dengan cara mentiadakan javascript.
  2. Tampilan Simple, ya seperti yang anda lihat pada blog saya ini. Tampilan nya sangat simple. Dan iklan di blog AMP hanya bisa di pasang pada atas artikel dan bawah artikel. Saya tidak mengetahui pasti apakah ada cara agar iklan bisa di pasang di tengah artikel.
  3. Index First, untuk alasan yang ketiga ini ya karena blog valid AMP sangat di utamakan oleh google khususnya di bagian pengindex an.Artikel di Blog valid AMP akan terindex kurang dari satu jam, kalo tidak percaya anda bisa coba sendiri!!!

Sebenarnya masih banyak kelebihan dari blog valid AMP namun saya rasa hanya 3 alasan tersebut yang perlu di ketahui. Mari kita lanjut ke Perbedaan Blog Valid AMP dan Non AMP.

Perbedaan Blog Valid AMP dan Blog Non AMP

Blog Valid AMP

  1. Blog Valid AMP sangat di utamakan oleh google pada halaman pencarian.
  2. Blog Valid AMP memiliki kecepatan berkali kali lipat dari pada blog non AMP.
  3. Menghemat penggunaan data karena blog yang support AMP menggunakan fitur caching seperti yang saya jelaskan di atas tadi, dimana fungainya sama seperti expires headers. Dimana, ketika anda membuka kembali halaman blog yang sama, maka halaman blog tersebut akan semakin cepat terbuka. Karena file yang pada dasarnya harus di unduh terlebih dahulu, sekarang sudah tersimpan di dalam media penyimpanan browser.
  4. Didukung banyak platform, tidak hanya blogger, wordpress juga sudah menyediakan plugin AMP.
  5. Di halaman pencarian terdapat simbol petir yang menandakan blog tersebut valid AMP.
  6. Susah membuat postingan. Seperti yang di jelaskan di atas tadi.
  7. Blog valid AMP, tidak support komentar blogger, jadi harus menggunakan komentar disqus.
  8. Tidak support javascript, seperti yang di jelaskan di atas tadi.

Blog Non AMP

  1. Sangat mudah digunakan karena tidak ada batasan dalam pemasangan javascript.
  2. Lebih leluasa dalam mebuat postingan karena tidak perlu menggunakan tag tag tertentu.
  3. Sudah memiliki tampilan yang responsive, tidak hanya di blog valid AMP. Di non AMP juga sekarang rata rata sudah memiliki tampilan yang responsive.
  4. Loading blog yang lama jika di muat pada tampilan mobile, namun ini bisa anda atasi dengan memasang lazyload image dan lazy load adsense.
  5. Yang terakhir adalah lama terindex, berdasarkan pengalaman saya, blog non AMP akan terindek sekitar 1 hari bahkan bisa sampai berminggu minggu.

Oke itulah sedikit pembahasan mendalam dari saya tentang pengertian, kekurangan dan kelebihan, hingga perbedaan blog valid AMP dan blog non AMP. Disini saya tidak menghasut anda untuk beralih ke AMP, namun ini hanya sebagai bahan referensi dan motivasi bagi anda.

Jika anda ingin migrasi ke AMP silahkan dan pertimbangkan baik baik dulu, karena anda harus mengedit seluruh postingan agar valid AMP, namun jika anda betah menggunakan template non AMP silahkan.

Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dari repick.net, semoga artikel ini bisa membantu anda memahami lebih dalam mengenai blog AMP.

www.repick.net

NOTE : Konten yang ada di blog ini asli karya Gio Lesmana. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar