Skip to main content

Tips Mengganti Template Baru Blog Agar Visitor Tidak Turun

Mengganti template blog lama dengan yang baru merupakan sesuatu pilihan dengan berbagai macam alasan. Bisa jadi karena template blog yang lama sudah tidak menarik dan template blog baru lebih menarik, atau bisa jadi karena template blog yang baru lebih seo friendly dan lebih baik dari segi struktur, sehingga labih disukai oleh mesin pencarian google.

Bagi para blogger tentu mengganti sebuah template blog menginginkan sebuah pengaruh positif terhadap perkembangan blog. Namun apa jadinya jika anda sembarangan mengganti template blog sehingga mengakibatkan visitor turun drastis?

Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan, maka dari itu admin akan membagikan beberapa tips mengganti template blog yang baik dan benar. Ikuti tutorialnya sampai habis...

Tips Mengganti Template Baru Blog Agar Visitor Tidak Turun

Disini saya akan membagikan tips cara mengganti template baru blog agar visitor blog anda bisa naik dan tidak turun, ikuti beberapa tips berikut :

1. Pilih Template Blog yang Baik dan Berkualitas

Di luar sana banyak sekali template blog yang bisa di download baik yang gratis maupun berbayar (premium). Namun sebelum anda pasang, ada baiknya anda ketahui dulu apakah temolate blog baru anda sudah baik dan berkualitas.

Berikut kriteria template blog yang baik dan berkualitas.

A. Ringan

Ini adalah faktor utama dari sebuah template. Pastikan template blog baru yang akan anda gunakan memiliki skor 90 ke atas, baik dari tampilan desktop maupun mobile. Untuk memperbaiki kecepatan blog, anda bisa baca beberapa artikel tentang pagespeed yang ada di blog ini.

B. Mobile Friendly

Kriteria ke dua ini berguna untuk memastikan apakah template baru blog anda sudah bisa di akses pada tampilan mobile atau belum. 

Namun di tahun 2021 ini saya rasa semua template sudah di desain mobile friendly sehingga bisa di akses di tampilan mobile.

C. Responsive

Untuk kriteria template blog baik dan berkualitas ke tiga ini sedikit berbeda dengan mobile friendly. Jika mobile friendly hanya menyesuaikan tampilan layar di versi mobile saja, yang dimaksud responsive justru harus bisa menyesuaikan layar di seluruh media baik itu laptop, komputer, smartphone dan lain lain. Tanpa harus menggeser layar kekiri dan ke kanan.

D. Memiliki struktur data yang baik

Sebuah template yang baik dan berkualitas harus memiliki struktur data yang bagus, baik itu dari struktur breadcrumb, data core vital, hingga meta tag. Semuanya harus memiliki kualitas yang baik. Bagus lagi jika template blog yang akan digunakan valid AMP.

E. Memiliki ukuran file yang kecil

Ukuran file template blog kecil menandakan bahwa template tersebut tidak meniliki begitu banyak kode. Sehingga terkesan ringan dan mudah di akses.

2. Backup template lama sebelum diganti yang baru

Jangan lupa untuk segera backup template lama, agar apabila template baru di rasa kurang cocok, maka anda bisa menggunakan kembali template blog lama.

3. Pindahkan Kode penting dari template lama ke template baru

Sebelum mengganti template saya sarankan untuk memindahkan terlebih dahulu kode penting yang ada di template lama, kode penting tersebut biasanya tersimpan di antara kode <head> sampai </head> dan kode tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan visitor blog. Kode kode penting tersebut antara lain adalah :

A. Meta Tag

Meta tag sendiri berisi seperti deskripsi blog, keyword, dan banyak lagi. Pastikan meta tag yang baru sama dengan yang lama.

B. Kode Verifikasi

Kode ini juga cukup penting, silahkan anda pindahkan kode verifikasi google webmaster tool, bing webmaster tool, alexa, dan lain sebagainya ke template baru.

C. Kode opengraph dan twittercard 

Untuk lebih mudah memindahkan seluruh kode di atas ke template baru. Silahkan di copy duku ke notepad, jika sudah semua, baru pindahkan ke template yang baru.

4. Uji Coba template baru

Sebelum menggunakan template baru pada blog anda, saya sarankan uji coba dulu apakah berdampak positif atau justru berdampak negatif terhadap blog yang anda kelola.

Jika berdampak positif maka lanjutkanlah, namun jika berdampak negatif saya sarankan kembalikan template blog baru ke template blog lama.

5. Ganti Template Pada jam sepi pengunjung

Mengapa saya berkata begitu. Karena jika anda mengganti template pada jam jam ramai pengunjung, itu pasti akan sangat menggangu dan menyebabkan visitor lari. Saran saya ganti lah template di jam sepi pengunjung sekitar jam 1 subuh sampai 4 subuh.

6. Update Rutin Postingan

Guna mengantisipasi penurunan visitor blog. Silahkan anda update postingan rutin mininal 1 postingan sehari selama satu minggu agar visitor anda tidak turun dan mendapatkan peningkatan. 

6 tips di atas saya bagikan berdasarkan pengalaman saya selama bermain blog mulai dari tahun 2017 sampai sekarang.

Kesimpulannya, silahkan anda pertimbangkan baik baik ketika ingin mengganti template blog. Lakukan pergantia  template baru dengan beberapa tips di atas agar visitor tidak turun. Atau bahkan mengalami peningkatan. Sebaliknya jika anda mengganti template baru blog sembarangan maka itu bisa berdampak negatif terhadap blog.

NOTE : Konten yang ada di blog ini asli karya Gio Lesmana. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar