Skip to main content

Beberapa Teknik Dasar Corel Draw Yang Wajib di Kuasai Desainer

Untuk anda yang baru berkecimpung di dunia perdesainan ada beberapa Teknik Dasar Corel Draw Yang Wajib anda kuasai. Agar anda dapat membuat sebuah karya yang cukup bagus. Terutama bagi anda yang bekerja di suatu percetakan, teknik dasar ini tentu akan sangat berguna untuk membuat sebuah desain, mulai dari banner, spanduk, undangan, id card, dan lainnya.

Teknik Dasar Corel Draw yang Wajib dikuasai Desainer

Berikut ini akan saya bagikan sedikit ilmu berdasarkan pengalaman saya, yang juga merupakan seorang desainer di suatu percetakan yang ada di tempat saya.

1. Menambahkan Ukuran

Teknik dasar corel draw yang pertama adalah menambah ukuran, sebelum membuat sebuah desain, pastikan anda sudah mwnyeting ukurannya. Saran saya gunakan ukuran sekala, dari CM menjadi MM.

Contohnya anda ingin membuat sebuah spanduk dengan ukuran 200x100 cm, maka anda hanya perlu membuat ukuran sekalanya saja, yaitu 200x100 mm.

Teknik dasar ini berguna untuk menghindari lag pada komputer maupun laptop, karena file yang dibuat menjadi terkesan kecil.

2. Menambahkan Text

Ini adalah teknik dasar yang sangat perlu anda ketahui di dalam coreldraw. Untuk menambahkan text, anda cukup mengklik syimbol huruf "T" di bagian toolbar yang ada di samping kiri layar.

3. Crop Gambar

Teknik dasar corel draw ini juga tidak kalah berguna dengan 2 teknik di atas, biasanya saya mengcrop sebuah foto menggunkan pen tool.

Setelah selesai membuat pola crop seperti yang di inginkan, baru saya klik terlebih dahulu pola tafi, kemudian tekan shift jangan di lepas, dan klik objek foto nya. Dan pilih trim yang ada di toolbar bagian atas.

4. Menambahkan Warna

Untuk menambahkan warna cukup mudah, pertama anda tinggal mengklik objek yang ingin di warnai, kemudian klik warna yang ada di bagian kanan layar.

Sebenarnya anda bisa menambahkan berbagai macam warna lagi dengan menyetting coreldrawnya. Namun saya rasa kedeoannya akan saya buatkan tutorialnya.

5. Gradasi Warna

Teknik dasar corel draw berikut berguna untuk memadukan dua warna menjadi satu, tentunya teknik ini akan menciptakan sebuah warna yang cukup unik.

Untuk membuat gradasi warna anda bisa mngklik icon gradasi di bagian toolbar sebelah kiri layar. Kemudian tekan di bagian objek, jangan di lepas, dan geser ke arah yang akan di tentukan. Untuk mempermudah membuat gradasi, anda bisa menggunkan tombol "G" pada keyboard.

6. Memasukkan Gambar

Cara memasukkan gambar ada dua, pertama anda busa memasukkan gambar melalui menu import, dan yang kedua anda busa memasukkan gambar dengan cara drag gambar ke dalam corel draw.

7. Power Clip

Teknik dasar corel draw yang ini cukup unik, dimana anda dapat memasukan apapun ke dalam sebuah objek, mulai dari gambar, kotak, bintang, segitiga, bulat dan lainnya apapun itu.

Caranya cukup mudah, pertama siapkan sebuah gambar yang akan di masukkan kedalam objek, kemudian klik kanan pada gambar tersebut dan pilih power clip, jika muncul tanda panah silahkan anda arahkan ke objeknya.

8. Export Desain

Saya rasa dengan 7 teknik desain di atas anda sudah bisa menghasilkan sebuah karya desain yang cukuo bagus sesuai kemampuan anda. Nah jika sudah tercipta sebuah desain, langkah terakhir adalah export.

Export Corel draw adalah membuat file hasil desain menjadi file cetak dengan format jog, ong  tif, pdf, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Desain Biodata Bayi CDR

Untuk melakukan export ikuti langkah berikut. Silahkan anda blog semua desain yang akan di export, kemudian anda grub dengan cara menekan ctrl + G.

Jika sudah silahkan anda tekan ctrl + E, kemudian pilih format yang akan di export, misalnya jpg. Jika sudah klik ok maka akan muncul menu.

Jika pada tahap pertama tadi anda membuat sebuah desain dengan ukuran sekala MM. Maka di bagian export silahkan anda ubah menjadi CM dan unah juga ukurannya. Kemudian pilih resolusi nya. Saran saya pilih 100 saja sudah cukup, tapi kalo mau yang lebih HD bisa pilih di atasnya 200 - 300 tergantung kemampuan PC anda.

Penutup

Sebenarnya cukup mudah mempelajariteknik dasar corel draw ini jika anda mau belajar dengan baik. Dan saya rasa corel draw ini meruoakan aplikasi termudah dibandingkan photoshop. Namun itu tergantung andanya lagi lebih mahir di CDR atau PS. Salam Desain..

www.repick.net

NOTE : Konten yang ada di blog ini asli karya Gio Lesmana. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar